Pelukan Hangat PM Timor Leste untuk Presiden Joko Widodo

JAKARTA, 26 JANUARI 2024 – Presiden Joko Widodo (Jokowi), pagi tadi, menerima langsung kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Timor-Leste, Xanana Gusmao, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (Jabar).

 

Bacaan Lainnya

Dalam siaran pers dari Biro Pers Sekretariat Presiden RI, dijelaskan bahwa kunjungan ini menunjukkan semakin kokohnya hubungan Indonesia dan Timor-Leste. “Kami sepakat mendorong penyelesaian perundingan perbatasan kedua negara. Saya juga menyambut baik reaktivasi Joint Border Committee (JBC) untuk pengelolaan perbatasan termasuk reaktivasi pos lintas batas,” kata Presiden Jokowi. Presiden juga menyebut, Indonesia dan Timor Leste sepakat meningkatkan kerja sama ekonomi, untuk menciptakan iklim investasi yang lebih baik, melalui perjanjian perlindungan investasi.

Baca juga  Timnas Kedatangan Verdonk, Shayne: Ini Persaingan Normal di Sepak Bola

 

Pertukaran sejumlah nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua negara, termasuk nota kesepahaman dalam bidang pengembangan infrastruktur serta bidang komunikasi dan informatika. “Saya mengapresiasi kepercayaan Timor-Leste pada Indonesia dalam berbagai proyek, yang juga melalui BUMN, seperti pembangunan jalan di Oecusse serta perluasan Bandar Udara Internasional Dili,” tutur Presiden Jokowi.

 

Dalam konteks kerja sama regional, Indonesia berkomitmen terus mendukung keanggotaan penuh Timor-Leste di ASEAN. Kami sepakat untuk mendukung Keketuaan Laos di ASEAN tahun ini dalam mendorong implementasi Five-Point Consensus. Dalam pertemuan ini, Xanana juga sebelum meninggalkan Istana Kepresidenan Bogor, memberikan pelukan hangat, layaknya sahabat lama pada Presiden Jokowi. Nampak hadir dalam pertemuan ini Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet RI Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki. (gracey wakary)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *