MANADO Saat ini, informasi melalui online bisa dengan mudah diakses oleh warga yang ingin mendapatkan layanan, walau begitu penggunaan media social pun harus makin selektif dan hati hati.
Pasalnya, masih banyak akun akun palsu yang mengatasnamakan instasi pemerintah, untuk mendapatkan keuntungan dengan mudah. Salah satunya adalah akun palsu yang mengatasnamakan BPJS Ketenagakerjaan (TK). Mereka para oknum tidak bertanggungjawab ini melakukan aksi di medos dengan menyediakan jasa pelayanan BPJS TK tidak resmi seperti jasa pencetakan kartu kepesertaan, jasa pelayanan klaim Jamianan Hari Tua (JHT), jasa pelayanan antrian online.
Kami sudah menutup layanan-layanan tidak resmi tersebut bekerjasama, dengan pengelola market place dan sosmed, namun oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab akan selalu mencari jalan lain. Sehingga dibutuhkan kesadaran dari para peserta untuk tidak menggunakan layanan dimaksud. BPJS TK hanya memiliki satu aplikasi resmi yaitu BPJSTKU, bukan yang lain, tegas Direktur Perencanaan Strategis & TI BPJS TK, Sumarjono melalui rilis yang dikirim pada redaksi sore tadi.
Sumarjono juga menjelaskan bahwa kini BPJS TK juga mengembangkan aplikasi digital BPJSTKU generasi kedua yang telah diluncurkan sejak Januari 2019, dimana aplikasi ini memberikan kemudahan dan kecepatan layanan program BPJS TK, yang dapat diakses hanya dengan menggunakan telepon pintar dan tentu saja jaringan internet. Dengan aplikasi ini, peserta kami dapat menikmati berbagai kemudahan untuk layanan program BPJS Ketenagakerjaan, seperti pelayanan pendaftaran, pelayanan klaim JHT dan dapat mengakses langsung kartu digital yang dapat digunakan sebagai tanda bukti kepesertaan tanpa harus dicetak sama sekali termasuk untuk keperluan klaim, jelasnya.
Aplikasi BPJSTKU juga menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan peserta, seperti saldo JHT yang dapat dicek setiap saat, informasi manfaat detail program BPJS TK, lokasi kantor cabang terdekat, daftar Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) atau Rumah Sakit kerja sama BPJS TK dan masih banyak lagi. Untuk saat ini kanal informasi resmi yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan selain BPJSTKU adalah Youtube, Twitter, Instagram, Facebook, Call Center 175 dan situs resmi BPJS Ketenagakerjaan, tambah tim humas BPJS TK Manado, Saldy Pato.
Untuk itu, dia juga menambahkan, masyarakat dapat lebih bijak untuk tidak menggunakan jasa layanan dan meminimalisir kerugian dari berbagai pihak serta menutup peluang apapun untuk oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. (gracey)