Kredivo Gandeng Ramayana Perdalam Penetrasi Paylater di Kota Tier 2 dan 3

JAKARTA, 25 AGUSTUS 2022 – Kredivo, platform kredit digital terkemuka untuk konsumen ritel, terus berupaya memperluas akses layanan keuangan berbasis digital ke masyarakat Indonesia di kota tier 2 dan 3.

 

Bacaan Lainnya

Sejalan dengan komitmen tersebut, Kredivo resmi bekerja sama dengan Ramayana sebagai pemain ritel yang memiliki jaringan pengguna kuat di berbagai kota tier 2 dan 3 untuk menyediakan produk pembayaran Paylater di seluruh gerai Ramayana.

 

Dengan adanya kerjasama ini, seluruh pengguna Kredivo dapat menggunakan pembayaran Paylater di 101 gerai Ramayana yang tersebar di seluruh Indonesia. VP Marketing & Communications Kredivo, Indina Andamari memaparkan optimisme Kredivo terhadap kolaborasi tersebut, dalam mengoptimalkan momentum pertumbuhan sektor ritel di kota non-metropolitan melalui penggunaan Paylater.

 

“Berkaca dari pengalaman kami melayani kebutuhan lebih dari 6 juta pengguna yang berada di berbagai belahan wilayah di Indonesia, kami percaya akan dampak besar yang bisa kita ciptakan melalui kolaborasi bersama Ramayana,” tuturnya. Dimana, Indina menyebut jaringan kuat Ramayana di seluruh pulau di Indonesia, membuat mereka berharap upaya perluasan layanan kredit digital, dapat mengakselerasi ekonomi daerah, khususnya geliat industri ritel fesyen di kota tier 2 dan 3.

Baca juga  Kredivo Tingkatkan Layanan di Tengah Pandemi

 

Diungkapkan juga tentang, temuan dari “Unlocking The Next Wave of Digital Growth: Beyond Metropolitan Indonesia” Alpha JWC memprediksi bahwa kota tier 2 dan 3 akan menjadi penyumbang terbesar pendapatan per kapita di tahun 2030 dengan kontribusi sebesar 49% hingga 51%1.

 

Hal ini didukung oleh Paylater yang telah memperlihatkan potensi sebagai produk pembayaraan digital yang dapat mendorong peningkatan inklusikeuangan di kota-kota tier 2 dan 3.

 

Berdasarkan data internal dari Kredivo menyatakan bahwa pengguna Paylater di area tier 2 dan 3 naik sebesar 52% pada semester 1 tahun 2022 dibanding periode yang sama tahun lalu. Dari pengguna Paylater, pembelanjaan produk kategori fesyen menempati posisi pertama sebagai kategori produk dengan transaksi terbanyak di kalangan masyarakat kota tier 2 dan 3 dengan proporsi 20,1 %, disusul produk makanan (18,3%) dan produk kesehatan (18,6%).

 

Ramayana pun, melihat bahwa di tengah pertumbuhan ekonomi kota tier 2 dan 3, integrasi layanan keuangan digital dengan gerai fisik yang seamless jadi kunci menjawab kebutuhan konsumen era digital. Head of Loyalty Program & Merchant Acquisition Division Ramayana, Alexander A Tumbel, menjelaskan, Ramayana terus memperkuat komitmen untuk menyediakan produk fesyen berkualitas, dan selalu berinovasi sesuai dengan kebutuhan konsumen dan perubahan era.

 

“Kami, sebagai pemain terdepan di industri ritel Indonesia, siap meningkatkan kenyamanan berbelanja pelanggan dengan menyediakan lebih banyak pilihan pembayaran yang inovatif, seperti Paylater.  Kami optimis dengan kerja sama kami dengan Kredivo dapat menjadi pendorong tumbuhnya industri ritel di Indonesia,” katanya.

Baca juga  Kredivo Targetkan Integrasi Puluhan Merchant di Manado

 

Sementara itu, Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Setyadi Surya, menyuarakan pendapatnya tentang potensi kolaborasi antara layanan keuangan digital dan ritel. Untuk tetap dapat mempertahankan konsumen, disebutnya para pelaku ritel offline juga perlu berinovasi untuk memberikan kemudahan akses belanja, salah satunya melalui integrasi denganlayanan keuangan kredit digital yang semakin mudah, fleksibel, dan mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Dengan demikian, layanan keuangan digital dapat menguntungkan kedua pihak baik dari sisi konsumen maupun sisi ritel dalam proses jual beli dan keberlanjutan bisnis.

 

Dia pun berharap, kemitraan antara Kredivo dan Ramayana dapat menjadi bukti nyata bahwa kedua industri ini dapat saling mendukung terhadap potensi industri masing-masing, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

 

Kredivo memberikan promo kepada pengguna baru Kredivo saat berbelanja di Ramayana, dengan mendapatkan potongan langsung Rp50 ribu, tanpa minimal transaksi, periode promo hingga 31 Desember 2022. Selanjutnya, untuk pengguna lama Kredivo juga akan mendapatkan potongan langsung Rp50 ribu, dengan minimal transaksi Rp250 ribu, periode promo hingga 30 September 2022. (graceywakary)

Yuk! baca berita menarik lainnya dari Manadones di saluran WHATSAPP

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *